Lowongan Kerja D3/S1 Terbaru November 2020 di Kementerian Komunikasi dan Informatika RI Semarang


papaloker.com - Lowongan Kerja Terbaru November 2020 - Setiap orang pasti menginginkan kesuksesan dalam karir. Dengan sukses, artinya kita bersyukur atas pekerjaan dan karir yang kita peroleh. Tapi ngomong-ngomong, apa itu sukses dalam karir?

Menurut sebuah artikel yang dipublikasikan Forbes (Maret 2017), kesuksesan dalam karir bisa juga disebut trifecta career, yakni suatu titik di mana seorang karyawan bisa mencapai tiga kondisi: karir yang sesuai dengan passion, mendatangkan penghasilan yang menarik, serta berdampak pada dunia. Suatu target yang cukup tinggi, namun bukan tak mungkin dicapai, bukan?

Jika ingin sukses dalam pekerjaan dan karir, hal yang perlu dimiliki ialah mencintai pekerjaan Anda.

Ada beberapa orang yang sulit menemukan pekerjaan, tidak hanya lulusan SLTA saja, sampai Sarjana pun terkadang sering mengeluh dalam mencari pekerjaan, terlebih mereka yang ingin mencari kerja sesuai passion dan keinginan dalam bidang tertentu. Tentu hal ini ironi, karena sebetulnya bukan karena tidak ada lowongan tapi karena cara dan usaha mereka yang kurang efektif dan maksimal, kita tahu sekarang sudah sangat mudah memperoleh informasi lowongan kerja baik media koran maupun internet. Ratusan lowongan kerja di koran, ratusan lowongan kerja event jobfair, dan ribuan lowongan di situs internet. Bahkan justru para recruiter perusahaan kesulitan mencari kandidat yang ingin di rekrut.

Bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan, jadikan pencarian kerja seperti pekerjaan. Dengan demikian Anda harus menghabiskan sekitar delapan jam setiap hari untuk mencari pekerjaan, baik secara online maupun langsung datang ke kantor. Bangun di pagi hari seperti yang Anda lakukan ketika Anda bekerja. Sikap proaktif ini dapat berkontribusi untuk outlook positif.

Selain itu, Anda juga jangan lupa istirahat, karena ketika Anda harus menghabiskan waktu untuk mencari pekerjaan, Anda juga harus mengambil waktu untuk menjauhinya barang sekejap.

Anda harus mengambil istirahat untuk makan siang, serta menghabiskan beberapa jam di malam hari melakukan sesuatu yang Anda sukai. Membaca, berolahraga atau melalukan hobi dapat sedikit membuang kejenuhan Anda. Tapi, selama Anda menikmat waktu istirahat, jangan melewatkan pengumuman pekerjaan apapun. Membuat rencana untuk bertemu teman-teman atau kenalan juga dapat menghilangkan kejenuhan Anda.

Manusia suatu saat pasti akan merasakan yang namanya jenuh dan bosan, apalagi jika melakukan suatu hal yang sama terus-menerus dalam waktu yang lumayan lama. Sama juga halnya dengan melamar pekerjaan. Sebulan sampai 3 bulan mungkin kamu masih baik-baik saja. Tapi coba deh kalau udah setahun bahkan lebih kayak si Andra.

Rasa bosan itu harus kamu lawan. Salah satu caranya mungkin dengan memberi jeda waktu pada diri sendiri. Misalnya saja, kalau kamu sudah terus-menerus melamar pekerjaan, interview dan tes sana-sini selama 3 bulan berturut-turut, coba ambil waktu istirahat sejenak.

Stop dulu kegiatan melamar kerjaan dan review deh perusahaan dan posisi apa saja yang sudah kamu coba selama seminggu. Sambil mengistirahatkan pikiran dan tenaga kamu juga. Termasuk istirahatin dompet.

Melihat kesuksesan orang di usia muda pasti bikin kamu iri kan? Faktanya banyak anak muda sekarang yang udah berhasil meraih suksesnya meskipun masih belia. Tapi tentu butuh perjuangan berat buat mendapatkan itu semua, dan itu yang nggak kita tahu. Kita cuma lihat hasil akhirnya aja tanpa melihat perjuangan yang dia lakukan di waktu-waktu sebelumnya.

"Alasan orang takut meminta pertolongan adalah mereka takut terlihat tidak kompeten," kata Wilschanski. Jika Kamu terjebak dalam kesulitan, meminta bantuan bisa menjadi satu-satunya cara untuk melangkah maju. Untuk mendapatkan dorongan tanpa merasa lemah, coba hampiri rekan kerja atau atasanmu dengan sejumlah solusi dan bukan hanya memberikan pertanyaan. "Lakukan semua pekerjaan yang Kamu bisa sebelum meminta pertolongan dan siapkan beberapa gagasan untuk menunjukan pemikiran kreatifmu," kata Wilschanski.

Banyak hal yang berubah di era revolusi industri 4.0 ini. Mencari pekerjaan juga tidak lagi sama seperti generasi dahulu. Kecanggihan teknologi memberi banyak lapangan pekerjaan untuk mereka yang bisa memanfaatkannya. Dan dengan semua perubahan yang ada, gak cuma di bidang teknologi, jadi banyak pekerjaan membutuhkan beberapa kemampuan tertentu.

Salah satunya adalah cakap berbahasa asing. Menguasai banyak bahasa asing menjadi skill yang sangat penting dalam dunia kerja. Kamu akan memiliki nilai plus yang mempermudah karirmu. Jangan hanya menguasai bahasa inggris saja, meskipun sebenarnya itu pun sudah bagus. Alangkah lebih baik kalau kamu bisa menguasai banyak bahasa seperti mandarin, arab, maupun bahasa jawa.

Karena banyak sekali perusahaan yang memperkerjakan seorang translator untuk berkomunikasi dengan client.

Setiap orang tentu mempunyai kisah suksesnya masing-masing. Ada beberapa orang yang berusaha mulai dari nol dan harus 'jatuh bangun' dahulu, ada pula yang sudah dikaruniai jalan mudah dalam mencapai kesuksesan.

Bagi Anda yang sedang mencari pekerjaan, jangan patah semangat. Semia orang punya cerita masing-masing dan kesuksesan masing-masing. Ayo semangat.

Persiapkan diri Anda sebelum mengikuti wawancara. Perusahaan yang tertarik dengan berkas yang kamu kirim pasti akan menghubungi lagi untuk melakukan wawancara. Mereka akan menanyakan banyak hal terkait dengan keinginan pekerjaan serta hal-hal lain yang sepertinya tidak nyambung. Dalam wawancara, kamu tak perlu bingung dan gugup. Persiapkan mental kamu dengan matang.

Dengan mental yang matang, maka hal-hal buruk selama wawancara bisa dihindari. Banyak kasus buruk terjadi pada orang yang sebenarnya sangat hebat. Ia juga memiliki keahlian yang tinggi. Namun saat wawancara, ia gugup dan akhirnya semuanya hancur. Itulah mengapa kamu harus mempersiapkan mental. Selebihnya jika memang kamu kompeten, semua pertanyaan pasti bisa dijawab dengan baik.

Berikut ini kami bagikan informasi Lowongan Kerja Terbaru 2020 dari Kominfo. Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia meurpakan  kementerian dalam Pemerintah Indonesia yang membidangi urusan komunikasi dan informatika. Kementerian Komunikasi dan Informatika sebelumnya bernama Departemen Penerangan (1945-1999), Kementerian Negara Komunikasi dan Informasi (2001-2005), dan Departemen Komunikasi dan Informatika (2005-2009). Kementerian Komunikasi dan Informatika dipimpin oleh seorang Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) yang sejak tanggal 27 Oktober 2014 dijabat oleh Rudiantara.



Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia awalnya bernama Departemen Penerangan. Pembentukan Departemen Penerangan ditandai dengan penetapan Mr. Amir Sjarifuddin sebagai Menteri Penerangan oleh PPKI pada tanggal 19 Agustus 1945.Sewaktu Orde Lama dan Orde Baru, Departemen Penerangan mengatur dan membina pers, media massa. televisi, film, radio, grafika, percetakan dan penerangan umum. Departemen Penerangan sendiri terdiri atas Direktorat Jenderal Penerangan Umum, Direktorat Jenderal Radio, Televisi, Film, Direktorat Jenderal Urusan Penyiaran dan Media Massa, Direktorat Jenderal Pembinaan Pers dan Grafika, serta memiliki instansi vertikal (Kantor Wilayah dan Kantor Dinas) sampai daerah dan memegang kendali TVRI, RRI, dan Kantor Berita Antara.

Saat ini, Kominfo membuka rekrutmen untuk mengisi posisi sebagai:

1.Desainer Grafis

Persyaratan:

  • Pria dan Wanita
  • Pendidikan minimal D3/D4/S1 sederajat jurusan Desain Komunikasi Visual/Komunikasi
  • Lulusan baru diperbolehkan mendaftar
  • Dapat menggunakan aplikasi untuk desain (Adobe Illustrator, Photoshop, Indesign)
  • Punya kreativitas dan inisiatif tinggi
  • Punya kemampuan untuk brainstorm konsep
  • Pekerja keras, siap bekerja di bawah tekanan
  • Apabila punya pengalaman menjadi copywriters, silakan masukan portofolio kamu
  • Aktif di media sosial
  • Jika bisa digital imaging, silakan masukin portofolio kamu juga
  • Mampu bekerjasama dalam tim
  • Penempatan di kantor Kemkominfo Jakarta


2.Spesialis Media Sosial

Persyaratan:

  • Pria dan Wanita
  • Pendidikan minimal D3/D4/S1/sederajat jurusan Desain Komunikasi Visual/Komunikasi
  • Berpengalaman pada posisi yang sama min.1 tahun bekerja sebelumnya
  • Bisa mengembangkan ide lama menjadi ide baru
  • Bisa mencari data dan mengolah data
  • Bisa mengelola akun-akun media sosial (Twitter, Instagram, Facebook, Tiktok, Youtube)
  • Punya kreativitas dan inisiatif tinggi
  • Pekerja keras, siap bekerja di bawah tekanan
  • Aktif di media sosial
  • Jika punya pengalaman jadi pengisi suara, jangan lupa masukan CV
  • Mampu bekerja sama dalam tim
  • Penempatan di kantor Kemkominfo Jakarta


3.Videografer/Video Editor

Persyaratan:

  • Pria dan Wanita
  • Pendidikannya minimal D3/D4/S1/sederajat jurusan Broadcasting/multimedia/animasi/komunikasi
  • Lulusan baru diperbolehkan mendaftar
  • Menguasai aplikasi buat ngedit video (Adobe Premiere and After Effect)
  • Bisa menggunakan kamera video
  • Bisa menggunakan video/audio mixer menjadi nilai tambah
  • Jika punya pengalaman mengembangkan akun Youtube, sebutkan di portofolio kamu 
  • Memiliki kemampuan copywriting menjadi nilai tambah
  • Aktif di media sosial
  • Jika punya pengalaman jadi pengisi suara, jangan lupa masukin CV
  • Mampu bekerja sama dalam tim
  • Penempatan di kantor Kemkominfo Jakarta


Persyaratan Lamar:

  • Surat Lamaran (ditujukan kepada Plt. Kepala Biro Hubungan Masyarakat yang juga berisi motivasi dan alasan kenapa kita harus memilih kamu)
  • Portfolio
  • Ijazah dan Transkrip Nilai


Jadwal Pelaksanaan:

  • 6 Nov 2020 : Batas akhir berkas lamaran
  • 11 Nov 2020 : Pengumuman hasil seleksi administrasi
  • 14-15 Nov 2020 : Seleksi daring*
  • 17 Nov : Hasil seleksi daring
  • 18-20 Nov 2020 : Seleksi tatap muka (Test dan wawancara)**
  • 26 Nov 2020 : Pengumuman hasil seleksi


Tata Cara Pelamaran

Apabila Anda berminat pada Lowongan Kerja Terbaru 2020 ini, silakan kirim berkas lamaran Anda ke:

Kementerian Komunikasi dan Informatika

Email: medsos@kominfo.go.id

Subject email: Mau Jadi (Posisi) - (Nama Lengkap)

Silakan Masukkan Email anda, Setelah itu Periksa Konfirmasi di Email anda

Posting Komentar

0 Komentar